Popular

Jumat, 21 Januari 2011

Toboali, Kota Habang yang penuh keindahan tersembunyi..

Selalu banyak destinasi menarik yang ingin saya jelajahi di Bangka Belitung, seperti kebanyakan pulau-pulau di tanah khatulistiwa, Kepulauan Bangka Belitung juga kaya akan pantai-pantai indah berpasir putih yang ada disekeliing pulau. Bertugas di daerah paling selatan Pulau Bangka seakan jadi bonus ektra buat saya yang hobi travelling. Kota Toboali, ibukota kabupaten Bangka Selatan berjarak  ± 125 km dari Kota Pangkalpinang memiliki banyak destinasi menarik untuk dikunjungi.
Senja di Batu Perahu, Toboali
Kalo kita dari luar Bangka Belitung, dari Bandara pangkalpinang ada travel rute Pangkalpinang-Toboali dengan tarif Rp. 50.000,-/orang, berangkat pukul 12.00 WIb dari bandara. Kalo melalui Pelabuhan bisa naik angkot warna merah ke Pasar Pembangunan kemudian dilanjutkan lagi naik angkot warna kuning ke Terminal Girimaya (tariff sekali jalan Rp. 2.000,-/orang/rute) kemudian dilanjutkan naik bis jurusan Pangkalpinang-Toboali yang ada setiap 2 jam sekali (tarifnya Rp. 25.000,-/orang).
Saya paling suka berangkat pagi menuju Toboali, kota yang terkenal akan nanasnya yang manis dan terasinya yang enak. Nah kalo pagi kita cukup menunggu di pasar pembangunan, Jl. Jend. Sudirman. Bis paling pagi akan berangkat pukul 04.00 WIB. Kali ini saya naik bis yang berangkal pukul 04.30 WIB. Melihat sunrise di Pantai Penyak Kab. Bangka Tengah jadi salah satu tujuan saya. Selain lebih murah, naik bis memberikan kesan tersendiri lho. Supir yang ramah dan gaya khas melayunya selalu membuat saya terpukau dengan keunikan keramahan masyarakat Bangka ini. Cerita-cerita yang menarik kadang-kadang muncul dari sini. Tapi siapkan mental. Kadang2 ada beberapa supir yang ada bakat jadi pembalap, hehe..gara2 ini pula saya  juluki bis jurusan Pangkalpinang-toboali ini sebagai “Bis Balap” wkwkk
Satu setengah jam sebelum memasuki pusat kota Koba, ibukota Kab. Bangka Tengah anda akan melewati Desa kurau, kehidupan para nelayan pinggir laut terlihat sepanjang jalan…sayang bau tak enak kadang begitu menyengat, disebabkan sampah yang dibuang penduduk di laut. Rumah disini kebanyakan berupa rumah panggung yang tinggi, karena sebagian wilayah masuk di bagian pinggir laut. Singgah sebentar di Terminal Koba, dari sini bisanya para pedagang akan turun dari bis. Sekitar 15 menit bis akan istirahat diterminal ini. Mungkin anda akan heran ketika melihat Bangunan di pusat Kota yang menjulang tinggi tanpa pintu atau jendela…hehe…Yups…itu adalah Rumah Burung Walet, yups..kota ini merupakan salah satu penghasil sarang burung wallet, harganya yang cukup tinggi membuat penduduk setempat beramai-ramai beternak burung wallet. Perjalanan akan berlanjut, nahhh..bersiaplah menikmati sunrise di sepanjang pesisir pantai penyak. Pantai yang memanjang sejauh 1 km di pinggir jalan raya ini masih alami dan cantik dengan rimbunan pohon2 kelapa di pinggiiran pantainya.
Sebelum memasuki Kota Toboali, ada beberapa desa yang kita lewati, salah satunya Desa Bikang yang merupakan desa yang terkenal sebagai Penghasil nanas di Bangka Selatan. Kalo anda backpackeran yang biasanya dengan kelompok kecil atau sendirian, satu keuntungan yang disukai, dikota ini ga’ ada angkot dalam kota adanya ojek hehe.. tapi jangan takut, wisata dalam kota Toboali juga ga’ kalah menarik, dari Terminal Bis kita bisa sewa Ojek untuk berkeliling kota ini yah sekitar ± Rp. 50.000,- sampai Rp. 100.000,- lah seharian. Tujuan pertama Benteng Toboali, benteng peninggalan VOC ini diperkirakan dibangun pada  pertengahan abad ke-19. Letak benteng ini begitu strategis karena terletak pada sebuah tanjung ditepi pantai dan berada diserbuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, sehingga di jaman nya berdiri di gunakan sebagai benteng pertahanan dan dapat mengawasi jalur lalu lintas laut.
salah satu sudut Benteng Toboali
Tak jauh dari Benteng ini terdapat Pantai Nek Aji juga Bom Pendek yang sekaligus berfungsi  sebagai pelabuhan kecil bagi Nelayan sekitarnya. Dari Pantai ini terlihat jajaran pulau di kejauhan juga aktivitas para nelayan yang melaut. Ada juga beberapa rumah panggung yang menilik arsitekturnya ang bergaya eropa merupakan peninggalan Belanda dan bagian yang tidak terpisahkan dari keberadaan benteng. Beberapa Rumah Peninggalan Belanda Juga masih ada disekitar sana yang sekarang berfungsi sebagai Rumah Dinas Kapolsek dan Danramil Kec. Toboali salah satunya untuk taman kanak-kanak. 


Sebagian sisa reruntuhan Benteng Toboali


Hmmm…dari benteng Toboali perjalanan berlanjut ke Kuil Dewi Sin Wu… Vihara yang terkenal sekaligus berada disebuah Bangunan Tua  yang juga bergaya eropa dengan Jendelanya yang besar-besar,  dari sini kita akan menuju Gedung nasional. Gedung yang juga peninggalan jamn Belanda sekarang difungsikan sebagai Gedung serbaguna. Lelah berkeliling kota Toboali, kita bisa singgah di warung makan didekat Benteng, yang menyediakan makanan-makanan khas Bangka Selatan, lengkap dengan sambal terasinya yang mantab atau kalo ingin mencoba Mie Kuah Toboali dan Empek-Empek Cainya yang terkenal singgahlah ke warung mie mang Kucai dirawabangun, dijamin lidah anda akan bergoyang menikmati mie Kuah ikan ini. Beristirahatlah sejenak sambil menikmati pemandangan sekitar kota Toboali.

Mie Kuah Ikan khas Toboali....yummy....^_^
Empek-empek cai alias Kemplang cai...



Laut Surut di Pantai Batu Perahu
Ketika hari semakin sore, kunjungi pantai batu perahu…….keramahan penduduk setempat dapat menghilangkan penat anda sekaligus menikmati sunset di sudut Barat pantai ini yang dihiasi tumpukan batu-batu granit dan lembutnya pasir putih yang kita injak. Jika sore saat air laut surut dibeberapa sudut akan terlihat para penduduk yang mencari teritip..atau kerang-kerangan yang melekat pada batuan saat air pasang. Nahhhh….pulang dari pantai ini jika ingin bermalam dan menyaksikan pembuatan terasi, dan menikamti destinasi Bangka selatan yang lainnya anda dapat bermalam di beberapa penginapan yang tersedia dikota ini. Dengan harga paling murah Rp. 50.000,- /malam/kamar. Atau jika ingin segera kembali ke ibukota ada bis malam yang berangkat pukul 19.00 WIB.
Sekilas gambaran perlanan ke Kota Toboali…menyesuaikan waktu yang anda punya. Tunggu apa lagi jika berkunjung Ke Prov. Bangka Belitung mampirlah kekota ini….untuk melengkapi daftar travelling anda.
Salam pariwisata.

Tidak ada komentar: