Popular

Kamis, 27 Januari 2011

Negeri Laskar Pelangi, Bali yang terpotong

Siapa yang tak kenal Laskar Pelangi, buah karya putra Belitung, Andrea Hirata yang melambungkan nama Belitung hingga terkenal di seluruh Nusantara, bahkan di beberapa negara. apalagi setelah diangkat kelayar lebar, jadilah Belitung diburu para wisatawan dan Backpacker sebagai destinasi wisata favorit. Pantai-pantai yang khas dengan tumpukan Batu2 granit dan pasir putihnya menjadikan Belitung sebagai Objek Kunjungan wisata kedua setelah Bali dan Lombok.

Salah satu pulau kecil di Belitung
 
Belitong juga dianonimkan dengan Bali terpotong. Konon pada ribuan tahun silam daratan itu terletak di semenanjung Pulau Bali. Namun, wilayah tersebut kemudian terpotong, dan hanyut terbawa arus gelombang besar menuju arah utara, membentuk pulau di wilayah timur Sumatera. ”Itu sebabnya dahulu orang menyebutkan dengan Belitong atau Bali yang terpotong".
Tanjung Tinggi
 tak susah untuk ke pulau belitung, dari Bangka ada akses Kapal Express Bahari yang akan membawa kita kepulau ini, biasanya berangkat sekitar pukul 13.30 WIB dari Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang. kalo dari Jakarta via pesawat bisa mendarat diBandara Hanajuddin, Tanjung Pandan, Belitung. 
Pantai Tanjung Tinggi menjadi Destinasi yang Favorit, ditempat inilah salah satu scene Film laskar pelangi diambil. pasir yang butih dan batuan granit yang tersusun acak memberikan keunikan tersendiri. bagi penikmat kuliner hasil laut Pulau belitung dapat dinikmati di pantai ini, di rumah makan sefood yang terletak dipinggiran pantai, ada gangan, calamary, ikan bakar...sedapppppppppppp...!!

Pulau-pulau di Belitung sangatlah indah dan esotik, saya ingat waktu itu hujan dan badai dari tanjung kelayang menuju Pulau Babi tak mengurungkan niat saya untuk pergi. ternyata tekat saya tak sia-sia, pulau ini memang indah dari sinilah Tour Island biasanya dimulai kePulau Lengkuas dan pulau-pulau lainnya. keindahan taman bawah laut diantara pulau-pulau ini membuat para divers pun berdatangan menikmati keindahannya.

Shelter di Pulau Babi
Putihnya Pasir Pantai




Belitung Juga terkenal dengan cendramata batu Meteornya, konon ribuan tahun lalu ada meteor yang jatuh dipulau ini. Batu meteor ini terkenal dengan sebutan "Batu Satam".

Batu Satam


 untuk para penggemar Ikal dan teman-teman, kita bisa mengunjungi Sekolah Muhammadiyah seperti yang ada di Film Laskar Pelangi, lengkap dengan tiang penyangganya yang miring hehehhe....

SD Muhammadiyah

Kelas Murid Laskar Pelangi
Tak lepas dari ciri khas Budaya Melayu yang unik dan ramah, tak hanya keindahan alam belitung yang bisa kita lihat tapi juga merasakan keramahan masyarakatnya dan banyak makanan khas dari hasil laut yang bisa dibawa pulang sebagai oleh2. Keunikan Budaya Lokal dan Keaslian Alam belitung merupakan surga fotografi untuk para fotografer dan destinasi yang layak masuk daftar kunjungan para traveller. (lihat paket di www.levi-tour.com)



Tidak ada komentar: