Popular

Rabu, 16 Februari 2011

Toboali : Dari Bangunan tua hingga Pantainya yang menawan

Sejarah tak bisa menghapus jejaknya dari kota ini, lagi-lagi meng-explore kota Toboali. Ibu kota Kabupaten Bangka Selatan. Tak hanya Terasi dan Nanasnya yang tercium sebagai khas kebanggaan tanah Junjung Besaoh, tapi bangunan tua peninggalan sejarah serta eksotika Pantai di ujung selatan Pulau Bangka ini adalah salah satu point of interest yang sayang untuk dilewatkan.
Boom pendek Toboali
Pagi hari di Boom Pendek Boom pendek yang merupakan salah satu tempat rekreasi sekaligus berolahraga pagi sambil menikmati aroma laut dan pemandangan para nelayan yang beraktivitas dipagi hari, jika cukup beruntung akan terlihat bola emas, si Matahari yang muncul diufuk Timur  langit Bangka Selatan. Tak jauh dari Lokasi ini juga ada kawasan Benteng Toboali peninggalan sejarah kependudukan Belanda dan dengan Pemandangan Pantai Nek Haji yang terletak di bawahnya.
Kawasan Benteng Toboali
hmmm..Terasi paling terkenal di Bangka Belitung darimana kah asalnya?? jawabannya Toboali. Ingin melihat proses pembuatannya, yups....daerah Pantai Batu Perahu adalah salah satu Desa yang memproduksi Terasi atau Belacan yang enak. Pantai yang berpasir putih dan halus ini, di lengkapi dengan susunan batu-batu granit berukuran besar dan dilengkapi dermaga kecil tempat perahu nelayan berlabuh. tempat yang cocok bersantai menikmati sunset.
Pantai Batu Perahu
Pantai Tanjung Kerasak adalah salah satu pantai populer di Bangka Selatan, terletak di Kecamatan Tukak Sadai kurang lebih 20 km dari kota Toboali. Pantai dengan air jernih, pasir putih dan barisan batuan granit..benar2 pemandangan mempesona.

Pantai Tanjung Kerasak

tak jauh dari Pantai Tanjung Kerasak, ada Pantai Tanjung Kemirai yang tak kalah eksotik...sayangnya dibeberapa tempat ada limbah dari Penambangan Timah (TI Apung) yang membuat kejernihan air laut terganggu....
Pantai Tanjung Kemirai
Tumpukan Batu granit
Limbah TI Apung yang mengotori sebagian Pantai

Tidak ada komentar: