Popular

Rabu, 23 Februari 2011

Nanas Bikang, Nasibmu tak semanis rasamu....

Buah Nanas Panen ke-3
 Tugu Nanas, sebuah Replika buah nanas berukuran besar yang terletak di Kota Toboali,  menggambarkan bahwa Toboali merupakan daerah penghasil buah nanas terbaik yang cukup Populer di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa Bikang adalah salah satu desa penghasil Nanas yang cukup popular dengan sebutan Nanas Bikang, ukuran Buah Nanasnya yang besar dan rasanya yang manis dan segar membuat nanas ini terkenal sejak dulu, membedakan dengan jenis nanas lainnya. Awalnya para petani mulai menanam nanas sebagai alternative dari berkebun lada, mencari  timah dan lainnya. Kebun-kebun Nanas ini rata2 seluas 2 ha. Sudah mulai berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi dulu saat harga Lada turun sehingga para petani mulai beralih ke tanaman nanas yang masih ada hingga sekarang ini.
Pada saat panen raya biasanya masyarakat akan berkumpul dan mengadakan syukuran. Desa Bikang mudah di jangkau, terletak di ruas jalan utama menuju kota Toboali.
memetik Nanas
Desa yang terkenal akan nanasnya ini juga memiliki budaya yang tidak kalah menariknya. Setiap hari besar keagamaan pun masyarakatnya selalu merayakan dengan cara bersilaturahmi dan nganggung (membawa makanan ke masjid di dalam dulang untuk dimakan bersama2) sebagai cerminan sifat kebersamaan yang ada dalam masyaratnya.
Perkebunan Nanas di Bikang
Namun, hingga saat ini kendala yang dihadapi para petani adalah masalah pemasaran. Sehingga harga nanas pun masih sekitar Rp. 5.000,-/buah atau 10.000,- per 3 buah saat panen raya. Pada saat panen kita bias melihat nanas2 yang dijual oleh masyarakat di sepanjang jalan Desa Bikang yang di gantung di depan rumah. Rencana Pemerintah untuk menjadikan kawasan ini sebagai agro wisatapun ternyata belum mengalami keberhasilan. Sementara dari beberapa instansi pemerintah ada bantuan alat-alat mesin untuk pengolahan nanas masih belum dapat dipergunakan sebagai mestinya oleh masyarakat terkait dengan biaya operasionalnya yang besar.


Nanas Bikang
Meskipun demikian para Petani Nanas di Bikang tetap bertahan dengan tanaman nanas yang menjadi ciri khas desa bikang. Pengolahan panganan dari nanas pun mulai popular walaupun masih di produksi oleh industry kecil rumah tangga.  Tentunya masih memerlukan pelatihan SDM untuk dapat membuat kemasan menjadi lebih menarik dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi dipasaran sebagai makanan khas atau oleh2 berupa dodol nanas, selai nanas dan lain-lain. Selain itu juga mulai banyak permintaan bibit nanas dari desa ini. Jadi kalo anda makan nanas yang manis dan segar di Bangka belitung, bisa jadi dari tempat inilah asalnya.

Tidak ada komentar: